Kiat Sukses | Uji kompetensi

Kiat Sukses memberikan Bimbingan Terbaik untuk Mahasiswa Program Studi D3 Kebidanan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta dalam menempuh Ujian Kompetensi Bidan Indonesia.

Health Professional Education Quality Project (HPEQ) merupakan proyek di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) yang diharapkan akan berkontribusi pada pencapaian peningkatan layanan kesehatan melalui peningkatan kualitas penyedia jasa kesehatan; dokter, dokter gigi, perawat, dan bidan. Tujuan tersebut akan dicapai melalui penguatan sistem dan institusi akreditasi program studi dan sertifikasi lulusan yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pendidikan profesional Kebidanan. Oleh karena itu perlu adanya standarisasi lulusan melalui uji kompetensi bidan yang bermutu. Uji kompetensi bidan merupakan bagian dari proses evaluasi pembelajaran yang terintegrasi dalam sistem pendidikan kebidanan.

Dirjen Dikti mengeluarkan Surat Edaran No 704/E.E3/DT/2013 tanggal 24 Juli 2013 tentang uji kompetensi bagi calon lulusan pendidikan tinggi bidang kebidanan dan keperawatan sehingga peserta didik pada pendidikan tinggi program Diploma III Kebidanan, Diploma III Keperawatan dan Profesi Ners diwajibkan mengikuti uji kompetensi yang juga di jadikan salah satu syarat kelulusan dan perguruan tinggi.

Menindaklanjuti Peraturan Bersama Menristekdikti dan Menkes Nomor 7 Tahun 2015 dan Nomor 29 Tahun 2015 tanggal 13 April 2015 tentang Penyelenggaraan Uji Kompetensi Program DIII Kebidanan, DIII Keperawatan dan Profesi Ners, dan dalam rangka mempersiapkan mahasiswa Program DIII Kebidanan di Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta untuk menghadapi Ujian Kompetensi Bidan, maka dilakukanlah berbagai upaya untuk mensukseskan mahasiswanya dalam menghadapi ujian kompetensi, proses yang dilakukan secara berkesiambungan dimulainya dari Pengkayaan, Try Out UKOM, Pelatihan-pelatihan soal sampai dengan proses berdo’a bersama. Proses Try Out Ukom secara internal Program Studi D3 Kebidanan FKK UMJ dilaksanakan empat kali setiap akan menghadapi Ujian Kompetensi Nasional.

Alhamdulillah… dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Bidan yang telah dilaksanakan bulan Oktober 2016, dari 78 Mahasiswa Program Studi DIII Kebidanan FKK UMJ yang di daftarkan telah menyelesaikan tugasnya dengan baik, alhasil 100% LULUS menyandang gelar “BERKOMPETEN” menjadi seorang Bidan.

Permalink

Comments are closed.