Metode Pembelajaran

Berbagai bentuk pelayanan yang diberikan Program Studi (PS) D-III Kebidanan RSIJ Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta selama 3 tahun mahasiswa kuliah adalah diantaranya :

  1. Pelayanan Tutorial akademik : meliputi kegiatan bimbingan diskusi kelompok, simulasi, demonstrasi, remedial, bimbingan skill, lab, bimbingan di lahan praktik, bimbingan menyusunan studi kasus, karya tulis ilmiah, studi lapangan dan studi epidemiologi.
  2. Pelayanan Informasi dan bimbingan karir : Bentuk pelayan informasi dan bimbingan karir yang diberkan berupa informasi tentang prospek dan institusi-isntitusi pengguna kerja setelah lulus, dan menjadi bidan, jenjang pendidikan lanjutan setelah lulus,dan kolaborasi dengan alumni, dengan mitra kerja dan institusi terkait dalam memberikan informasi tentang peluang dan kesempatan kerja bagi lulusan.
  3. Konseling dan Bimbingan Pribadi :  Konseling dan bimbingan pribadi diberikan oleh pembimbing Akademik yang merupakan dosen tetap merangkap sebagai dosen wali yang ditugaskan khusus  Bimbimgam dilakukan secara kontinyu selama 2 (dua) kali dalam satu minggu selama 1 (Satu) jam mulai dari semester I sampai dengan Semester VI. Konseling dan bimbingan yang diberikan meliputi antara lain  adaptasi di lingkungan kampus, adaptasi social, cara belajar yang efektif, penyelesaian masalah akademik, penyelesaian masalah pribadi , bimbingan tugas akhir yang berupa laporan praktek kerja lapangan dan karya tulis ilmiah, serta masalah lain yang terkait dalam proses pembelajaran mahasiswa.

Untuk menjamin kualitas dan mutu pelayanan diperlukan suatu standar profesi sebagai acuan untuk melakukan segala tindakan dan asuhan yang diberikan dalam seluruh aspek pengabdian profesinya kepada individu, keluarga dan masyarakat, penyelenggaraan akademik Program Studi (PS) D-III Kebidanan RSIJ Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta berpedoman kepada Keputusan Kementerian Pendidikan Nasional R.I Nomor 045/U/2002 Tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi dan Keputusan Kementrian Kesehatan R.I Nomor : 359/MenKes/SK/III/2007 Tentang standar profesi Bidan dan dengan tegas telah menetapkan 9 (Sembilan) Kompetensi Utama Bidan yang diharapakan pada lulusan  Sebagai Berikut :

  1. Bidan mempunyai persyaratan pengetahuan dan ketrampilan dan ilmu-ilmu Sosial, kesehatan masyarakat dan Etik yang membentuk dasar asuhan yang Bermutu tinggi sesuai dengan budaya,untuk wanita,Bayi Baru Lahir dan keluarga.
  2. Bidan memberikan Asuhan yang bermutu tinggi. Pendidikan kesehatan yang tanggap terhadap budaya dan pelayanan menyeluruh di masyarakat dalam rangka untuk meningkatkan kehidupan keluarga sehat,perencanaan kehamilan dan kesiapan menjadi ortang tua.
  3. Bidan memberikan asuhan Antenatal bermutu tinggi untuk mengoptimalkan kesehatan selama kehamilan meliputi Deteksi dini,pengobatan atau rujukan dari komplikasi tertentu
  4. Bidan memberikan asuhan yang bermutu tinggi, tanggap terhadap kebudayaan setempat selama persalinan,memimpin selama persalinan yang bersih dan aman, menagani situasi kegawatdaruratan tertentu untuk mengoptimalkan kesehatan wanita dan bayinya baru lahir
  5. 7.5.Bidan memberikan asuhan pada ibu nifas dan menyusui yang bermutu tinggi dan tanggap terhadap budaya setempat
  6. Bidan memberikan asuahan yang bermutu tinggi, komperhensif pada bayi Baru lahir sampai usia 1 Bulan
  7. Bidan memberikan asuahan yang bermutu tinggi,dan konperhensif pada Bayi,dan Balita sehat 1 Bulan sampai usia 5 Tahun
  8. Bidan memberikan asuahan yang bermutu tinggi dan komperhansif pada keluarga,kelompok,dan masyarakat sesuai dengan budaya setempat.
  9. Bidan melaksanakan asuhan pada wanita/ibu dengan gangguan sistem reproduksi.

Sesuai dengan Visi, misi dan tujuan Program Studi (PS) D-III Kebidanan RSIJ Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta selain kompetensi diatas lulusan diharapkan memiliki kompetensi mengamalkan pronsip-pronsip Etika kebidanan dan agama dalam pelayanan kebidanan dan berperan sebagai  Da”i melalui profesinya untuk mewujudkan Rahmatal lil”alamin bagi Umat menuju masyarakat yang di Ridhoi Allah SWT.

Hasil pembelajaran

Kompetensi yang dicapai dibandingkan dengan yang diharapkan.

Berdasarkan Hasil evaluasi pada akhir program,dan ditindak lanjuti dengan pengamatan secara kontinu bersamaan dengan bimbingan masiswa di berbagai pusat pelayanan kesehatan dan wawancara dengan pengguna lulusan didapat kan hasil yang menunjukan bahwa kompetensi yang dicapai dibandingkan dengan yang diharapkan  telah tercapa,i sesuai dengan  Stardar Praktik Bidan, walaupaun masih ada sebagian kecil  yang belum tercapai ,dan memerlukan kajian yang mendalam untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Kesesuaian kompetensi yang dicapai dengan tuntutan dan kebutuhan pemanfaat lulusan.

Program Studi (PS) D-III Kebidanan RSIJ Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta telah melakukan tracer study tentang kesesuai kompetensi lulusan dengan tuntutan dan kebutuhan pemanfaatan lulusan, namun demikian berdasarkan informasi secara Lisan, SMS, Telphon Lisan, dari berbagi sumber (Alumni, Orang Tua Alumni, dan mitra kerja) Rata-Rata 3 Bulan setalah lulus dan 85 % Lulusan Progran studi diserap lapangan kerja kesehatan baik  di Instansi Pemerintah maupun Swasta dan secara berarti tidak memberikan keluhan terhadap kompetensi lulusan.

Comments are closed.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.