Pendiri

Akademi Kebidanan Muhammadiyah Rumah Sakit Islam Jakarta merupakan jenjang pendidikan tinggi Diploma III Kebidanan salah satu milik amal usaha Muhammadiyah dibidang pendidikan.

Institusi ini bermula dari Sekolah Pengatur Rawat (SPR) yang didirikan oleh Rumah Sakit Islam Jakarta pada tahun 1971, pendidikan ini terus berkembang. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor: 113/Kep/Diklat/Kes/81 tanggal 26 Juni 1981 nama Pendidikan dari Sekolah Pengatur Rawat (SPR) berubah menjadi Sekolah Perawat Kesehatan (SPK), Sampai dengan tahun 1996 telah meluluskan 707 orang tenaga perawat tingkat dasar.

Sejak tahun 1986, Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Rumah Sakit Islam Jakarta telah dipercaya oleh Departemen Kesehatan untuk menyelenggarakan program pendidikan bidan (Program Diploma I Kebidanan) baik program inpres maupun swadaya, sampai tahun 1997 telah meluluskan 606 orang tenaga Bidan Diploma I.

Semakin meningkatnya tuntutan masyarakat akan mutu pelayanan kesehatan dan sesuai dengan program pemerintah bahwa tenaga keperawatan minimal lulus D III Keperawatan, maka pada tahun 1996, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan R.I. Nomor: HK.006.0610194 Sekolah Perawatan Kesehatan (SPK) Rumah Sakit Islam Jakarta dikonversi menjadi Akademi Keperawatan (AKPER) Muhammadiyah Jakarta dan telah menerima mahasiswa sebanyak 2 (dua) angkatan serta telah melulus kan 78 orang

Dalam menghadapi era globalisasi pendidikan Bidan Diploma I dirasakan kurang sesuai dengan tuntutan masyarakat dan makin meningkatnya IPTEK, maka sesuai dengan petunjuk Kepala Pusat Tenaga Kerja Kesehatan Departemen Kesehatan RI dan dalam rangka mempercepat penurunan angka IMR dan MMR Akademi Perawatan AKPER Muhammadiyah Jakarta, sesuai dengan surat keputusan Menteri kesehatan RI Nomor : HK.1.3.02147, tanggal 14 Mei 1998 yang telah diperbaharui dengan Surat Keputusan Menteri RI Nomor: HK.00.06.1.3.0503, tanggal 25 Febuari 2004.

Sejak berdirinya Akademi Kebidanan Muhammadiyah sesuai dengan misinya selalu dengan rasa tanggung jawab selalu meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan mutu lulusan dengan peningkatan kualitas serta kuantitas tenaga dosen dan tenaga non dosen serta tentunya sarana dan prasarana. Hal ini terbukti dengan telah terakreditasinya Akademi Kebidanan Muhammadiyah Rumah Sakit Islam Jakarta, melalui surat Keputusan Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan RI Nomor: HK.00.06.2.4.01582, tanggal 6 Juni 2001, dengan pendidikan Strata B+ dengan nilai 84.45 dan Insya allah sedang dipersiapkan untuk di Akreditasi ulang dengan tingkat Strata A.

Comments are closed.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.